Salam

Assalamu'alaikum
Terima kasih sudah berkunjung ke blog yang bisa dibilang jauuuuh dari kata sederhana ini.
Jangan kapok untuk sering-sering berkunjung.

9.10.2013

Wisataku di Kerinci

Kali ini aku mo share foto aku waktu balik kampung kemaren. Yap, kampung aku yaitu Sakti Alam Kerinci. Pernah denger tentang Kerinci? Kerinci merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Kerinci berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat.

Di Kerinci terdapat sebuah gunung berapi yang juga disebut dengan nama Gunung Kerinci. Gunung ini terletak di Kecamatan Kayu Aro. Di Kayu Aro inilah terdapat banyak tempat wisata yang sering dikunjungi untuk liburan lebaran.

Dulunya di Kerinci hanya terdapat 3 daerah wisata, yaitu Kayu Aro, Danau Kerinci, Dan Air Panas (Air Panas ini berjarak kira-kira 30 meter dari rumah aku). Air Panas ini kalo kata aku terletak di tengah-tengah. Soalnya gini, Kayu Aro terletak di perbatasan Kerinci-Sumbar, sedangkan Danau Kerinci di perbatasan Kerinci-Merangin (kalo ga salah #haha). Nah, Air Panas ini di antara keduanya.

Sekarang daerah wisata di Kerinci semakin berkembang, bahkan banyak di antaranya yang aku ga tau.

Oke, daripada lama-lama, let’s check them out, tempat-tempat yang aku kunjungi lebaran ini.
1.      Kayu  Aro
Kayu Aro punya banyak tempat wisata, yaitu :
a.      Air Terjun Telun Berasap
Dinamai telun berasap karena air terjunnya sangat tinggi dan apabila airnya jatuh menghasilkan butiran air yang seperti debu yang menyerupai asap.
Tapi aku tidak sempat kesini karena hujan.
b.     Aroma Pecco
Disini terdapat danau buatan yang di tengah-tengahnya didirikan panggung musik untuk menghibur penonton.
Aroma Pecco ini merupakan perkebunan teh. Pernah minum teh ‘Kajoe Aro’, yang diekspor keluar negeri? Di kebun teh inilah dia berasal.
Aku g sempet foto-foto disini, karena waktu itu lagi malas eksis.
c.      Taman Bunga xxx (lupa namanya apa), dll.

2.    Lubuk Nagodang
Ini daerah penghasil dodol khas Kerinci yaitu dodol kentang. Disini terdapat bendungan yang asyik buat nangkring sore-sore.
Aku kesini bareng adek dan sepupu aku.


3.     Danau Kerinci
Ga usah dijelasin, pasti tau.


4.    Bukit Tengah
Dulunya disini cuma bukit biasa tempat orang berkebun, namun setelah adanya perluasan wilayah (kabupaten-kota) dan kantor bupati dipindahkan kesini, jadilah ini menjadi tempat yang sering dikunjungi.

Awal dibuatnya bukit ini seperti lapangan luas yang tidak ada apa-apa (liat foto aku yang pake celana pendek di samping). Dan ga tau tepatnya kapan, sekarang telah menjadi taman terbuka hijau.

Jreng jreng…



















5.     Air panas
Merupakan kawah air panas yang katanya sumber airnya berasal dari gunung kerinci. Kawah ini oleh masyarakat sekitar untuk keperluan dagang, seperti merebus telur itik, merebus pisang, merebus jagung,dsb, yang dijual di warung-warung sekitar kawah.

Sewaktu kecil aku sering maen di pinggir kawah, tapi sekarang karena sering dijadikan tempat ajang bunuh diri kawah air panasnya dipagar tinggi dan digembok oleh petugas jam 5 sore.

Liat ne akibat maen kesorean, ga bisa foto-foto di dalem.


Dan ini.

Dulu ga pernah ada papan kaya gitu.

Dan juga air panasnya bisa dipakai untuk mandi (katanya bisa ngobatin berbagai penyakit). Kamar mandinya dibuat khusus yang berjarak 7 meter dari kawah. Meskipun begitu aliran airnya tidak dibuat lurus, melainkan berliku-liku sepanjang 30 meter.


Yah, begitulah kira-kira.
Sekian.

Tidak ada komentar: